Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

Posted on

Cara Membuat Proposal Kegiatan yang Baik dan Benar

balad.org – Bagi teman-teman yang terlibat dalam organisasi, tentu sudah tidak asing dengan hal yang satu ini, ya. Dalam mengadakan setiap kegiatan, tentu Anda akan diminta untuk menjabarkan kegiatan tersebut dalam sebuah proposal.

Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan ini penting untuk berlangsungnya sebuah acara karena berisikan rancangan kegiatan tersebut. Biasanya, proposal nantinya akan disebar ke pihak sponsor yang bersedia turut serta memeriahkan kegiatan. Selain itu, proposal juga merupakan bentuk pertanggung jawaban dari panitia yang menyelenggarakan kegiatan.

Artikel ini akan membahas bagaimana cara membuat proposal sebuah kegiatan yang baik dan benar. Simak sampai selesai, ya!

Bagian Proposal

Sebelum membuat sebuah proposal secara utuh, Anda tentu harus memahami dulu bagian-bagian dari proposal ini. Bagian-bagian tersebut antara lain judul kegiatan, pendahuluan proposal, dasar kegiatan, tujuan kegiatan tersebut, juga nama kegiatan. Selain itu ada pula waktu dan tempat kegiatan berlangsung, susunan acara kegiatan tersebut, susunan panitia, anggaran, dan lampiran. Nah, itulah bagian-bagian yang harus ada dalam sebuah proposal kegiatan.

Tahapan Pembuatan Proposal

Setelah mengerti bagian-bagiannya, kini saatnya membuat secara utuh proposal tersebut.

Pertama, tuliskan judul dari proposal yang akan Anda buat. Usahakan untuk menulis judul secara rinci dan menggunakan huruf kapital. Sebagai contoh sebagai berikut :

PROPOSAL
KEGIATAN PENTAS SENI DALAM RANGKA PERPISAHAN SISWA-SISWI KELAS XII SMA NEGERI 1 BATANG TAHUN 2016

Kemudian tulislah pendahuluan proposal. Dalam pendahuluan ini ada dua sub bab yaitu latar belakang dan tujuan kegiatan. Bisa ditulis sebagai berikut :

  1. PENDAHULUAN
  2. Latar Belakang

Pentas Seni adalah sebuah pertunjukan yang melibatkan beberapa aksi individu maupun kelompok.

OSIS SMA Negeri 1 Batang akan mengadakan pentas seni dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas XII SMA N 1 Batang. Acara ini bertujuan untuk memberi wadah pada siswa-siswi untuk unjuk ekpresi, juga sebagai tanda perpisahan bagi siswa-siswi kelas XII.

Maka dari itu, OSIS SMA Negeri 1 Batang merasa perlu mengadakan acara pentas seni ini.

  1. Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan pentas seni ini adalah :

  1. Memberikan wadah dan waktu bagi siswa-siswi untuk menampilkan bakatnya
  2. Sebagai suatu sarana hiburan
  3. Mempererat silaturahmi antar siswa-siswi SMA Negeri 1 Batang

Setelah menulis pendahuluan seperti di atas, tuliskanlah isi dari proposal kegiatan tersebut. Isi sebuah proposal antara lain adalah tema kegiatan, macam-macam kegiatan yang akan diselenggarakan, peserta kegiatan, serta alat yang nantinya akan dibutuhkan.

Jangan lupa untuk mencantumkan pula waktu dan tempat berlangsungnya kegiatan. Buatlah juga susunan acara kegiatan tersebut mulai dari pukul berapa akan dimulai, kegiatan yang akan dilalui, tempatnya di mana, siapa yang menghendel kegiatan itu, sampai berakhirnya kegiatan serinci mungkin. Susunan acara biasanya dibuat dalam bentuk tabel supaya lebih rapi.


Selain susunan acara, ada pula susunan kepanitiaan yang harus dicantumkan. Sebutkan nama panitia dan apa jabatannya dalam kegiatan tersebut. Ini biasanya juga dibuat dalam bentuk tabel. Isi proposal kegiatan selanjutnya adalah anggaran dana. Di sini, tuliskan semua dana mulai dari mana memperoleh dana tersebut, berapa biaya pengeluaran yang dibutuhkan, juga untuk keperluan apa saja pengeluaran itu.

Bagian isi sudah selesai, terakhir tulislah bagian penutup proposal. Di bagian ini, cantumkan tanda tangan penanggung jawab, ketua panitia, serta orang yang terlibat seperti dalam contoh ini adalah ketua OSIS dan kepala sekolah.


Demikianlah cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga  :