Lensa Cembung : Pengertian, Jenis, Rumus, Sifat, Dan Sinar Istimewa

Posted on

Lensa Cembung : Pengertian, Jenis, Rumus, Sifat, Dan Sinar Istimewa

balad.org – Di dunia ada berbagai jenis lensa, lensa cembunglah salah satunya. Kegunaan lensa yang satu ini tentu banyak sekali, ya. Anda pasti pernah melihat teropong, atau bahkan memakai kacamata? Itu adalah contoh kecil dari kegunaan lensa ini.

Lensa Cembung

Artikel ini akan membahas pengertian, rumus, jenis, dan sinar istimewa dari lensa cembung. Simak sampai selesai, ya!

Pengertian Lensa Cembung

Lensa cembung merupakan lensa yang bagian tengahnya lebih tebal dari pada bagian tepinya. Lensa ini biasanya berbentuk lingkaran dan terbuat dari plastik atau kaca sehingga indeks biasnya lebih tinggi dibanding indeks bias udara.

Jenis Lensa Cembung

Ada tiga jenis lensa cembung yang perlu Anda ketahui, yaitu cembung data, cembung ganda, dan meniskus cembung.

Sinar Istimewa Lensa Cembung

Sinar istimewa yang ada di lensa ini tentu berbeda dengan sinar istimewa yang ada di cermin cembung. Berikut sinar istimewa dari lensa ini :

Pertama, sinar yang datang sejajar sumbu utama kemudian akan dibiaskan melewati titik fokus (F1) yang ada di belakang lensa.

Kedua, sinar yang datang menuju titik fokus di depan lensa (F2) akan dibiaskan sejajar dengan sumbu utama

Ketiga, sinar yang datang melalui pusat optik lensa (O) akan diteruskan, tidak dibiaskan

Sifat  Lensa Cembung

Pada lensa ini, sinar bisa datang dari kedua arah sekaligus sehingga akan ada 2 titik fokus. Disepakati bahwa bagian depan lensa adalah tempat datang sinar dan bagian belakang lensa merupakan tempat sinar dibiaskan.

Apabila ada 3 sinar sekaligus yang datang sejajar dan dikenakan pada lensa ini, berkas ketiga sinar itu akan dibiaskan oleh lensa, kemudian akan terpotong dan menuju pada sebuah titik. Titik inilah yang disebut titik fokus maya, yaitu titik yang berada di depan lensa cembung. Sedang titik fokus yang ada di belakang lensa disebut titik fokus sejati.


Lensa ini juga bersifat konvergen atau mengumpulkan. Ini disebabkan karena sinar yang datang melalui lensa ini akan selalu dibiaskan menuju ke satu titik yang akan mengumpulkan cahaya. Itu sebabnya lensa ini disebut juga lensa konvergen.

Selain itu, lensa cembung juga bersifat positif. Hal ini karena tempat yang berpotongan atau tujuan sinar bias letaknya selalu di belakang lensa sehingga fokus lensanya adalah fokus sejati. Ini menyebabkan jarak fokus lensa selalu bersifat positif.

Besarnya pembiasan cahaya pada suatu lensa cembung akan tergantung pada indeks bias dari lengkung permukaan dan bahan lensa tersebut. Sedang indeks bias sendiri tergantung pada cepat rambat cahaya sebuah lensa.

Lazimnya, lensa yang tebal akan membiaskan cahaya yang lebih besar dari lensa yang tipis, sedang panjang fokus lensa cembung yang tebal lebih pendek dari panjang lensa yang tipis. Itu dia beberapa sifat dari lensa ini.

Rumus Lensa Cembung

Menurut penghitungannya, rumus untuk mencari fokus pada lensa cembung adalah sebagai berikut :

Rumus Lensa Cembung

Nu merupakan indeks bias air atau udara, sedang R1 dan R2 kelengkungan lensa.

Untuk mencari jarak  bayangan yang ada pada lensa, menggunakan rumus berikut :

1/f = 1/s +1/s’

Di mana f adalah fokus lensa, s merupakan jarak benda, dan s’ adalah jarak bayangan


Itu dia pengertian, jenis, sinar istimewa, sifat dan rumus dari lensa cembung yang penting untuk diketahui. Semoga artikel ini bermanfaat!

Baca Juga  :