PENGERTIAN DAN METODE PIDATO

Posted on
PENGERTIAN DAN METODE PIDATO – Pidato – Salah satu materi dalam Bahasa Indonsesia, yang sangat berguna dalam kehidupan bermasyarakat. Dalam kehidupan sehari-hari manusia tidak lepas dari kegiatan berkomunikasi, pidato merupakan salah satu cara berbeda berkomunikasi.
Kemampuan berpidato perlu dimiliki oleh seseorang, terutama yang menggeluti profesi tertentu. Tidak hanya sekedar ucapan, lebih dari itu pidato merupakan seni berbicara.
PENGERTIAN DAN METODE PIDATO
PENGERTIAN DAN METODE PIDATO

Pengertian Pidato

  • Pidato adalah kegiatan berbicara di depan umum, yang menggunakan susunan kata dan bahasa yang menarik untuk manyampaikan tujuan tertentu.

Tujuan Pidato

Ada beberapa tujuan pidato, yaitu :
  1. Mempengaruhi, pidato bisa dilakukan untuk mempengaruhi khalayak agar melakukan/tidak melakukan sesuatu.
  2. Memberi pemahaman tentang suatu hal kepada golongan/kelompok tertentu.
  3. Menghibur, selain untuk mempengaruhi dan memberi pemahaman, pidato juga bisa dilakukan dengan tujuan untuk menghibur khalayak.

Metode Pidato

Dalam menyampaikan pidato, ada beberapa metode yang bisa kita pilih sesuai dengan kebuthan. Ada empat metode pidato, yaitu :
1. Metode Impromptu
Yaitu pidato yang dilakukan dengan tanpa persiapan sama sekali. Pidato ini biasanya dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman, serta memiliki wawasan yang luas, sehingga bisa dengan mudah menyampaikan gagasannya walaupun tanpa persiapan.
2. Metode Ekstemporan
Yaitu metode pidato yang dilakukan dengan mempersiapkan kerangka/garis besar materi yang akan disampaikan.
3. Metode Naskah
Yaitu pidato yang disampaikan dengan mempersiapkan naskah terlebih dahulu, metode ini biasanya disampaikan dalam acara resmi, seperti acara kenegaraan, dan sebagainya.
4. Metode Memoriter (Hafalan)
Yaitu metode pidato yang disampaikan dengan cara menghafalkan naskah yang telah dibuat sebelumnya.

Baca Juga :