RESENSI Adalah

Posted on

Pengertian Resensi Adalah

Resensi adalah ulasan sebuah buku, ulasan tersebut merupakan penilaian buku secara menyeluruh dari kelebihan serta kekurangan buku tersebut. Menurut KBBI Resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan tentang buku, ulasan buku.

Secara etimologis, resensi berasal dari bahasa latin recensio/recensere/revidere yang artinya adalah mengulas kembali.

RESENSI Adalah
RESENSI Adalah

 


Unsur-Unsur Resensi

1. Identitas buku
2. Ikhtisar buku
3. Kepengarangan
4. Kelebihan dan kekurangan buku

Semua buku bisa kita resensikan, tapi pada kesempatan ini kita akan membahas cara meresensi novel dan cerpen. Untuk membuat resensi dari novel/cerpen, terlebih dahulu kita harus memahami dan mendalami novel/cerpen yang akan kita resensi. Hal ini bisa kita lakukan dengan membuat pertanyaan mengenai unsur intrinsik karya tersebut.


1. Tema

  • Apakah tema cerita itu?
  • Apakah tema itu bisa diterima sebagai kebenaran umum?

2. Alur
  • Pola apa yang dipakai pengarang untuk membangun ceritanya?
  • Insiden atau konflik apa yang dipilih untuk mengembangkan tema cerita itu?
  • Apakah terdapat hubungan yang wajar dan baik antara peristiwa di dalam cerita dengan tema cerita?
  • Mengapa suatu peristiwa lebih menonjol daripada peristiwa lainnya?
  • Apakah peristiwa demi peristiwa saling bersambungan dan berkaitan?
  • Apakah pengembangan peristiwa disusun secara rapih?
  • Bagaimana hubungan peristiwa dengan perjalanan hidup tokoh utamanya?

3. Latar
  • Kapan dan di manakah peristiwa atau cerita itu terjadi?
  • pakah latar berperan dalam pengembangan cerita? Menguatkan atau bahkan melemahkan?

4. Tokoh
  • Bagaimana karakter tokoh cerita ditampilkan oleh pengarang? Apakah secara langsung atau melalui  dialog tokoh lainnya?
  • Apakah karakter tokoh dalam cerita memang wajar atau terkesan dibuat-buat?
  • Bagaimana hubungan antar-tokohnya?
  • Apakah peranan tokoh dapat menghidupkan alur cerita?
  • Bagaimana peranan tokoh dalam menghidupkan tema?

5. Sudut Pandang
  • Dari sudut siapakah pengarang memaparkan ceritanya?
  • Apakah sudut pandang yang dipilih pengarang konsisten dalam seluruh ceritanya?

6. Amanat
  • Bagaimana pengarang memberikan pesan atau amanat dalam ceritanya?
  • Apakah amanat yang disampaikan pengarang dalam ceritanya?
  • Bagaimana pengarang menyampaikan amanat ceritanya terkesan menggurui atau tidak?

7. Bahasa
  • Gaya bahasa apakah yang dipakai pengarang dalam bercerita?
  • Apakah bahasa yang dipergunakan berkesan dan sugestif?
  • Apakah gaya bahasa yang digunakan wajar, tepat, dan hidup?
Selain mengamati unsur intrinsik, kita juga bisa meninjau dari sisi Ekstrinsik yang meliputi, latar belakang pengarang, tujuan karya itu dibuat, latar sosial budaya, dan pengalaman pengarang itu sendiri. Disamping itu semua kita juga harus menuliskan kelebihan dan kelemahan buku atau karya tersebut.

Contoh Resensi Buku Pengetahuan

Dikutip dari dosenpendidikan.com – Resensi atau ulasan sebuah buku merupakan salah satu cara untuk mengenalkan sebuah buku. Pada resensi kita bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan sebuah buku dari berbagai segi. Membaca resensi sangat bermanfaat untuk memberikan gambaran awal sebelum akhirnya kita memutuskan untuk membeli sebuah buku.

Pada kesempatan ini saya akan membagikan sebuah contoh resensi buku pengetahuan. Sebelum kita membuat sebuah resensi buku kita harus memperhatikan unsur-unsur resensi buku yang mencakup :
1. Identitas buku
2. Ikhtisar buku
3. Kepengarangan
4. Kelebihan dan kekurangan buku


balad.org – Setelah kita mengetahui apa saja yang harus tercantum dalam resensi buku, kita bisa mulai untuk mengindetifikasi buku yang akan kita resensi. Setelah itu kita kemukakan secara detail seluk-beluk isi buku dari segi kelebihan maupun kekurangan buku tersebut.

Berikut Contoh Resensi Buku Pengetahuan

RESENSI Adalah
RESENSI Adalah



Judul Buku         :  Masa Kehamilan & Pasca Melahirkan
Penulis                : dr. Lestari Handayani, M.Med (PH)
Penyunting         : Tetty Yulia
Penerbit              : Agromedia Pustaka
Tahun Terbit       : 2003
Tebal Buku         : 103 halaman
No. ISBN            : 979-3357-59-2


Kehamilan merupakan proses normal yang terjadi pada makhluk hidup, termasuk manusia sebagai upaya alamiah untuk berkembang biak. Pada usia kehamilan yang cukup panjang, yaitu sekitar 9 bulan dapat terjadi berbagai gangguan, demikian juga pada proses persalinan. Angka kematian ibu (MMR : Maternal Mortality Rate) dan bayi (IMR : Infant Mortality Rate) di Indonesia masih cukup tinggi. Walaupun berbgai upaya telah dilakukan oleh pmerintah dalam menekan angka ini.

Buku ini ditujukan untuk para ibu yang sedang mengandung dan setelah melahirkan. Dalam buku ini penulis berusaha menjembatani budaya tradisional yang masih dilakukan oleh masyarakat dengan ilmu modern yang terus berkembang. Kajian dari berbagai literatur baik berupa penelitian, maupun pengalaman dan praktek tentang perawatan tradisional menggunakan cara dan obat tradisional berusaha dituangkan di buku ini.


Buku ini sangat komunikatif, disusun dengan sistematis dan membuat pembaca bisa mengikuti bagian demi bagian dari buku ini dengan mudah. Disusun dalam 6 bab, buku ini sangat mendetail dan menyajikan semua kebutuhan ibu hamil dan setelah melahirkan. Buku ini mengupas tuntas perawatan yang dibutuhkan oleh ibu hamil dari masa kehamilan sampai pasca melahirkan. Cakupan pembahasan cukup lengkap dimulai dari masa awal kehamilan, perawatan masa hamil, gangguan kesehatan saat hamil, perawatan pasca persalinan, tanaman obat yang digunakan, serta panduan obat untuk masa hamil dan pasca persalinan.


Buku ini juga dilengkapi dengan ilustrasi-ilustrasi untuk memudahkan pemahaman pembaca. Selain itu bahasa yang komunikatif dan mudah dicerna menjadi salah satu keunggulan tersendiri dari buku ini. Buku ini menggunakan dua jenis kertas yaitu HVS dan art paper, pada halaman-halaman tertentu terdapat gambar-gambar berwarna, namun lebih banyak menampilkan gambar-gambar monokrom hitam putih.


Karena keterbatasan pengetahuan pembaca, sejauh ini, belum ditemukan kelamahan pada buku ini. Secara umum buku ini bisa dikatakan lengkap dan sangat cocok untuk dibaca oleh Ibu hamil dan pasca melahirkan. Bisa disimpulkan bahwa buku ini sangat bermanfaat dan layak dimiliki oleh pasangan yang sedang menanti kelahiran buah hatinya.


Demikian postingan tentang Contoh Resensi Buku Pengetahuan. Semoga bermanfaat. Selamat belajar.

Baca Juga :