Pengertian Roman Singkat, Jenis, dan Cirinya Menurut Para Ahli

Posted on

Pengertian Roman Singkat, Jenis, dan Cirinya Menurut Para Ahli

balad.org – Dunia sastra telah melalui perkembangan-perkembangan yang begitu pesatnya. Itu bisa dilihat dari berkembangnya jenis sastra, genre sebuah bacaan, dan sebagainya. Namun begitu, ada pula sastra yang dari dahulu tetap konsisten tanpa mengalami perubahan.

Pengertian Roman Menurut Para Ahli

Salah satunya adalah roman singkat. Mungkin Anda sedikit menjumpai karya sastra jenis yang satu ini sekarang. Kebanyakan penulis sekarang lebih concern memilih novel, teenlit, dan sejenisnya dibanding menulis roman. Namun, tak sedikit pula penulis-penulis roman yang melegenda, sebut saja Linda Howard sebagai perwakilannya.

Nah, bila Anda penasaran apa yang disebut dengan roman, bagaimana ciri-cirinya dan apa saja jenisnya, simak ulasan berikut sampai selesai, ya.

Pengertian Roman

Roman singkat merupakan bagian dari karya sastra yang berbentuk narasi. Roman akan fokus bercerita tentang kehidupan sang tokoh mulai dari dia kecil, remaja, beranjak dewasa, sampai tokoh tersebut meninggal dengan semua serba-serbinya.

Dengan artian lain, roman merupakan rangkaian cerita dengan urutan-urutan kejadian yang saling menyambung satu dengan lainnya. Cerita ini berisi pengalaman hidup sang tokoh dengan konflik lahir mau pun batinnya dalam sebuah situasi kehidupan yang dialaminya.

Jika dilihat dari panjangnya, roman singkat cenderung lebih panjang dari novel. Ini dikarenakan pembahasannya yang memang begitu runut dan lengkap dari tokoh yang diceritakan. Sebuah roman tidak akan punya akhir yang mengambang atau bersambung. Cerita si tokoh akan berakhir saat itu juga dalam sebuah buku.

Ciri-ciri Roman

Jika Anda pergi ke toko buku dan ingin mencari sebuah cerita roman, maka Anda dapat sekilas membaca sampel buku tersebut. Nah, jika ciri-ciri di bawah ini Anda temukan dalam membaca-cepat Anda, maka buku yang Anda pegang benar sebuah buku roman.

Di antara beberapa ciri roman yang pertama adalah punya alur cerita yang kompleks. Bukan roman namanya jika cerita yang dimuat dalam buku hanya berisi alur sederhana atau satu alur saja. Roman biasanya memiliki alur cerita yang sedikit rumit dan bercabang. Inilah yang membuat roman singkat menjadi sebuah buku yang tebal.

Punya satu karakter tokoh utama. Tokoh utama inilah yang akan diceritakan secara mendetail betul dalam sebuah roman. Tokoh ini akan mendominasi cerita, konflik, dan semua hal yang berkaitan dengannya akan diceritakan secara menyeluruh oleh penulis.

Roman singkat bercerita tentang tokoh dari dia lahir sampai meninggal. Tentu tokoh yang dimaksud adalah tokoh utama yang mendominasi tadi. Tentu banyak juga tokoh lain, tapi mereka hanyalah sebagai pelengkap dan bagian kehidupan dari tokoh utama.

Jenis-jenis Roman

Berdasarkan minat baca dan genre, ada beberapa jenis roman singkat yang bisa Anda temukan. Jenis-jenis roman tersebut seperti :

  • Roman percintaan. Roman ini tentu berisi kisah percintaan tokohnya dan biasanya akan berakhir bahagia. Contoh roman percintaan karya penulis Indonesia adalah Medan di Waktu Malam karya O.M Taufiq
  • Roman anak dan remaja, adalah roman singkat yang memang ditujukan untuk anak dan remaja, contohnya Si Dul Anak Jakarta karya Aman
  • Roman hiburan, adalah roman yang ditujukan untuk menghibur pembacanya
  • Roman petualangan, contohnya adalah Surapati karya Abdul Muis
  • Roman pendidikan, contohnya yaitu Salah Asuh karya Abdul Muis
  • Roman Psikologi, contohnya Katak Hendak Jadi Lembu
  • Roman Kriminal dan Detektif, contohnya Percobaan Seria

Nah, itu dia hal-hal tentang roman singkat yang perlu Anda tahu. Semoga bermanfaat!

Baca Juga :